Memasang Ping Otomatis Blog Pada Feedburner

 Sippatuju    Tuesday, July 30, 2013 | 7:30 PM

gambar feedburner
Memasang Ping Otomatis Blog Pada Feedburner - Ping juga dapat diartikan sebagai sarana tindakan dalam mengirim satu pesan ke suartu server untuk menginformasikan bahwa kita telah melakukan update suatu Artikel pada blog ataupun website kita.

Dengan melakukan Ping pada Blog atau Website akan memberikan informasi kepada Search Engine dan situs directory bahwa blog kita telah Di-Update, Dengan adanya Informasi yang dikirim melaui Ping secara otomatis Search Engine terutama Google.com dan situs Directory lainnya akan segera melakukan perubahan data-data pada blog/Web kita dan memperbaharuinya kembali di server mereka setelah melakukan Ping.

Secara garis besar, Terdapat 2 cara Melakukan Ping pada Blog atau Website yaitu dengan cara manual dan dengan cara memasang Widget Ping Otomatis pada Blog/Website itu sendiri. Namun di artikel kali ini saya akan memberikan Tips dan Trik melakukan Ping pada Blog/Website tidak dengan kedua cara diatas namun memanfaatkan kelebihan yang dimiliki oleh Feedburner, karena kedua cara diatas masih tergolong ribet dan tidak aman.

Sebagai contoh dengan Ping secara manual kita harus selalu mengisih data-data terlebih dahulu di setiap Kita akan melakukan Ping pada Blog/Website kita, sedangkan cara kedua yaitu memasang Widget Ping Otomatis pada Blog/Website merupakan cara praktis untuk melakukan Ping namun penggunaan seperti ini diharapkan para pengunjung/visitor suatu Blog/Web tidak menggunakan pasilitas ini untuk selalu melakukan klik pada widget Ping Otomatis yang di pasang oleh Admin blog/website di dalam mempermudah melakukan Ping pada Blog/Website-nya sebab jika ini terjadi atau dengan kata lain dengan melakukan Ping berulang-ulang tanpa aturan maka Search Engines akan menganggap suatu Spam dan akan merugikan Blog/Website itu sendiri.

cara ping blog

Sebagai Tips dan Trik, Jika kita ingin melakukan Ping pada Blog/Website yang praktis dan aman kita dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Feedburner, sebab Feedburner itu sendiri merupakan Produk dari Google.com
Untuk mendapatkan fasilitas ini kita harus daftar dulu pada Feedburner yang belum daftar klik DISINI dan untuk panduan lihat Cara Mudah Mendaftar Di Feedburner. Jika anda telah sukses mendaftar dan telah terdaftar di Feedburner ikuti langkah-langkah di berikut agar Blog/Website saudara dengan sendirinya akan melakukan Ping secara Otomatis bila ada artikel yang di Update atau ada Artikel baru yang di Publikasikan.
1. Silahkan anda login kembali di feedburner.google.com
2. Pada halaman feedburner.google.com/fb/a/myfeeds silahkan anda pilih Feed Title Blog atau judul Blog saudara

gambar feed title

3. Kemudian muncul halaman seperti di bawah lalu klik tab menu Publicize 4. Lihat submenu bahagian kiri, pilih PingShot dan tekan tombol Active.

gambar pengaturan pingshot

Dengan status Aktif Ping Blog/Website anda, maka setiap anda melakukan publikasi suatu artikel atau meng-Update artikel di blog anda, maka Feedburner akan otomatis melakukan Ping terhadap layanan web berbasis feed agregator.

Jika artikel diatas telah anda pahami dan mengerjakannya Insya Allah blog Anda akan mendapatkan pengunjung/visitor dan jangan lupa untuk memaksimalkan blog anda agar lebih cepat ter-indeks di Google Silahkan lanjutkan membaca artikel diwaha ini

Demikian artikel ini tentang Cara Memasang Ping Otomatis Blog Pada Feedburner semoga dapat bermanfaat dan menjadi referensi buat kita semua.

2 komentar: