Cara Melakukan Ping Pada Google

 Sippatuju    Friday, July 26, 2013 | 8:02 PM

cara melakukan ping di google

Cara Melakukan Ping Pada Google - Ping (Packet Internet Gopher) merupakan suatu alat / perangkat untuk memanggil robot search engine seperti Google, Yahoo, Bing, Ask dan masih banyak lagi search engine yang lain. Selain itu dengan melakukan Ping akan memperkenalkan Blog/Website serta isi dari artikel dan konten pada Blog/Website kita yang kita posting atau telah kita Update.

Namun diartkel kali ini kita hanya focus pada search engine Google. Bagaimana kita melakukan ping pada Google. Dengan melakukan Ping, kita juga berharap agar Blog/Website akan cepat terindex di setiap search engine bahkan bisa saja menjadi peringkat teratas pada halaman search angine utamanya search engine Google.

Sebenarnya bila Blog/Web kita sudah terdaftar dan mempunyai Sitemap (peta situs) seperti yang ada pada Google melalui Google Webmaster Tools maka robot Google secara otomatis akan meng-Index setiap halaman yang baru yang di-Update dari Blog/Website kita. Hanya saja waktu kedatangan mesin robot Google itu sendiri untuk mengindeks halaman baru dari blog/Website kita tidak bisa cepat dan sering kali lambat dikarenakan Blog/Website kita baru saja berkenalan dengan search engine Google.

cara ping pada google

Maka dari itu peranan dari melakukan Ping disini akan memberi informasi kepada robot-robot search engine terutama kepada Google agar supaya Blog/Website kita dapat sesegera mungkin di jelajahi (crawl) bahkan dirayapi oleh robot Google (Googlebot) atau search engine yang lain sehingga bisa lebih cepat masuk dalam database hasil pencarian Google atau mesin pencarian lain.

Ada 2 macam Cara Melakukan Ping pada Google

1. Lakukan Ping pada Google dengan cara Otomatis :

- Kunjungi halaman Google Ping http://googleping.com
- Isikan pada kolom seperti :
- Blog name : Isi dengan nama Blog Anda - Blog Homepage : Isi dengan alamat URL Blog Anda - RSS URL (optional) : Isi dengan alamat URL Feed Blog Anda ( boleh tidak diisi/kosongkan - Email (required for some) : Isikan dengan alamat Email Anda

masukkan alamat URL blog

Jika semua telah terisi pada kolom-kolom yang telah di sediakan klik tulisan "Check All" (untuk mencentang semua pilihan atau kita bisa memilih beberapa situs saja untuk dilakukan Ping, Lanjut dengan mengetikkan kode Captcha kemudian klik tulisan “Send Pings” maka Ping untuk Blog/Website kita segera diproses.

kirim send ping
cara melakukan ping pada google

2. Melakukan Ping Pada Google dengan cara Manual :

- Masuk pada halaman http://blogsearch.google.com/ping
- Masukkan alamat URL Blog anda yang akan di Ping kemudian klik tulisan "Submit Blog"

gambar google ping manual

Spider Googlebot akan segera berkunjung ke Blog anda untuk di rayapi pada halaman Blog atau Halaman URL yang tadi kita Ping.

INGAT.....! Setelah anda memposting artikel terbaru anda / yang terakhir maka lakukanlah Ping pada hari yang sama, Jangan terlalu sering melakukan Ping sebab ditakutkan Search engine akan menganggap Spam.

Dengan melakukan ping akan mempermudah website/blog anda cepat ter-indeks dimesin pencari terbesar seperi Google, Yahoo, Bing untuk itu jangan melewatkan untuk melanjutkan membaca artikel dibawah ini :
Cara Memasang Ping Otomatis Pada Feedburner
Cara Malakukan Auto Ping pada Setiap Artikel Dengan Mudah

Cukup sekian artikel tentang Cara Melakukan Ping Ke Blog semoga dapat berguna dan bermanfaat.

8 komentar:

  1. terimakasih infonya gan..soalnya baru ini saya melakukan ping ke google

    ReplyDelete
  2. Berhasil gan,tetapi ada 4 yang gagal..
    masalah tidak gan?

    terimakasih (o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ping secara otomatis sering kali ada beberapa mesin telusur yang gagal, menurut sy klau 4 yg gagal itu bukan sesuatu masalah.

      Delete
  3. thank you gan bagi2 ilmu ping smoga terus sukses tambah pintar

    ReplyDelete
  4. Testing... (o)
    Terima kasih gan. :))

    ReplyDelete
  5. makasih info nya gan bermanfaat,, kunjungi balik ya,,

    ReplyDelete