Cara Memperbaiki Error 5B00 Printer Canon iP2770

 Sippatuju    Friday, October 3, 2014 | 11:52 PM

cara memperbaiki error 5b00 pada printer


SIPPATUJU BLOG, akan berbagi tips tutorial bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki masalah error 5B00 yang terjadi pada printer canon iP2770/ iP2700. Semua telah jelas dan pasti mengetahui perinsip dasar kita membeli printer adalah untuk melakukan print pada dokumen, gambar, foto atau hal lain yang berhubungan dengan hal cetak mencetak.

Namun dalam hal ini yang harus kita sadari dan tidak bisa dipungkiri bahwa selalu melakukan kegiatan printing kita pasti menemukan masalah masalah yang sering terjadi seperti adanya pesan error yang muncul secara tiba tiba pada perangkat print kita, kejadian seperti ini hal yang sudah lumrah untuk semua jenis dan type printer seperti misalnya merek Canon, Epson, HP, dll yang memang sudah di batasi dengan umur masa kerja penggunaan yang telah di tentukan oleh vendor pembuatnya.

Berawal dari kasus di atas kejadian tersebut menimpa admin pada printer canon iP2770 saya dimana tiba tiba muncul pesan error number 5B00 "Printer error has occurred contact the service center" pada dekstop pc dengan indikasi lampu led pada priter berkedip kedip secara bergantian.

mengatasi masalah error 5b00 canon ip2700 dan ip2770

Woow...! betapa terkejutnya diriku melihat pesan error 5B00 yang tak terduga membuat struk pembayaran online PPOB PosPay gagal melakukan printing sebagai tanda bukti pembayaran lunas tagihan dan pembelian pulsa token lampu listrik PLN. Tanpa basa basi lagi langsung gooling di mesin telusur google untuk mencari solusi bagaimana memperbaiki error 5B00, alhasil saya menemukan cara mengatasi masalah pada printer canon PIXMA iP2770 yang tidak bisa melakukan print atau mencetak.

Sebagai langkah awal anda harus mempunyai tool software resetter printer canon iP2700 atau iP2770, atau Download Resetter Canon Service Tool
Masuk ke  service mode dengan cara sebagai berikut :

  • Colokan kabel AC Printer kejala-jala PLN namun jangan di nyalakan dulu
  • Tekan tombol RESUME selama dua detik
  • Sambil menekan tombol RESUME, anda tekan tombol POWER sampai lampu indikator menyala hijau ( tombol POWER tetap dalam keadaan di tekan ) lalu anda lepas tombol RESUME
  • Anda tekan lagi tombol RESUME sebanyak 5 kali ( ingat hanya 5 kali, tekan >> lepas >> tekan >> lepas >> tekan >> lepas >> tekan >> lepas >> tekan )
  • Lalu lepas kedua tombol RESUME dan POWER secara bersamaan

Lampu indikator printer akan berkedip dan menyala hijau normal dan komputer akan mendeteksi driver perangkat baru, abaikan saja atau klik keluar/clouse.
Di tahap ini, printer CANON PIXMA IP2770 anda sudah dalam keadaan service mode, pada langkah ini kita akan melakukan reset printer secara permanen dengan software resetter, hal ini dimaksudkan untuk menghapus data data yang ada pada printer selama penggunaan agar printer dapat kembali berfungsi dengan baik dan normal.

Cara Menggunakan Software Reseller Canon iP2770 v1074

  • Extract dan jalankan file resetter yang tadi sudah anda download
  • Siapkan beberapa lembar kertas untuk printer
  • Tekan tombol MAIN seperti yang yang telihat pada gambar, lalu printer akan melakukan print dengan hasilnya "D=000.0"
  • Tekan kembali tombol EEPROM Clear, pada langkah kedua ini kembali printer akan melakukan cetak/print. Dari hasil printing anda akan menemukan tulisan "TPAGE (TTL=00000)" ini menunjukan bahwa Printer Canon IP2770 telah berhasil di reset.
cara menggunakan sotware resetter canon ip2770

Matikan printer sejenak dan nyalakan kembali, coba test dengan melakukan print dengan beberapa lembar dokumen, jika semua berjalan lancar ucapan selamat untuk anda dari admin Sippatuju Blog yang telah melakukan riset dan masalah Error pada printer canon iP2770 sudah bisah anda atasi dengan baik.

3 komentar:

  1. punyaku juga printer ip2700,tapi setiap dinyalakan baru loding terus ngebleng .apa penyakitnya ya aku bingung mengatasinya ,mohon pencerahanya...trim

    ReplyDelete
  2. semua dah dilakukan sesuai petunjuk tapi pas masuk ke service toolnya not responding mulu.... mohon pencerahan sobat....

    ReplyDelete